Our Blog

DAMPAK BURUK TAMBANG BATU PERHIASAN

ANDIL -  Akhir - akhir ini masyarakat indonesia di gemparkan dengan fenomena batu akik yang semakin mencakup segala kalangan masyarakat. Entah apa penyebab yang terjadi belakangan ini masih menjadi diskusi publik. Padahal batu akik sudah di kenal masyarakat sudah puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu tapi di tahun ini sepertinya demam batu semakin pada level puncaknya. Mulai anak seusia 10 tahunan sampai kalangan manula, dari kelas ekonomi bawah sampai kelas atas, dari masyarakat sipil hingga pejabat negara semua tergila - gila dengan batu akik. Kondisi seperti ini memancing para penambang batu untuk lebih beroperasi ekstra mencari jenis batu yang istimewa dan antik , karena nilai jual batu semakin bagus coraknya semakin mahal harganya. hampir penduduk yang berdomisili di daerah penambangan berlomba - lomba menambang mencari jenis batu perhiasan yang apik.

Yang patut di khawatirkan yakni dampak buruk pada lingkungan. kalau di pikir secara logika, jika struktur tanah di gali membentuk sebuah terowongan maka mengakibatkan hilangnya tahanan dari struktur tanah bagian atas. Yang mana akan mengakibatkan tanah ambles ataupun longsor. Mereka tidak berpikir sampai sejauh itu, mereka hanya berpikir atas dasar kebutuhan ekonomi.
Disamping itu keselamatan nyawa juga sering kali di abaikan para penambang batu, dengan hanya mengandalkan peralatan tradisional dan seadanya mereka nekad menyusuri terowongan galian yang bisa mengancam nyawa kapanpun.

Cobalah berpikir bagaimana kita bisa menjaga dan melestarikan lingkungan bukan merusaknya. alam semesta ini adalah titipan untuk anak cucu kita kelak. jadi mulai sekarang save the nature.......






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANDIL Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh simonox. Diberdayakan oleh Blogger.